Apa Itu Defi Kripto ( Decentralized Finance) Penjelasan dan Keuntungan – Pemula Wajib Tahu - Jasa Content Writer Murah dan Penulis Artikel SEO Apa Itu Defi Kripto ( Decentralized Finance) Penjelasan dan Keuntungan – Pemula Wajib Tahu - Jasa Content Writer Murah dan Penulis Artikel SEO

Apa Itu Defi Kripto ( Decentralized Finance) Penjelasan dan Keuntungan – Pemula Wajib Tahu

 

Apa itu Defi


Apa itu Defi Kripto Bitcoin – Perlu kita ketahui bahwa masih banyak masyarakat dunia yang belum terbuka mengenai sistem keuangan desentralisasi ini. Dengan demikian perlu pemahaman yang tepat agar sistem ini dapat diterima dan menyentuh semua kalangan. Sesuai dengan motivasi dari di bentuknya defi. Yakni memudahkan layanan finansial bagi semua kalangan tanpa harus terbatas wilayah. 

Mengenal Apa Itu Defi Kripto




Decentralized finance merupakan sistem keuangan terbuka dengan teknologi blockchain dan memiliki sifat desentralisasi serta immutable. Maksudnya adalah sistem ini menggunakan sistem yang mudah sehingga masyarakat dapat mengakses fasilitas keuangan tanpa memerlukan izin atau perantara. Pengguna dapat setiap saat mengecek keuangan mereka tanpa memerlukan ijin dari pemerintahan maupun bank.

Sistem Decentralized Finance dibangun berdasarkan motivasi bahwa semua masyarakat dari banyak kalangan perlu mendapatkan layanan finansial yang memadai. Masih terbatasnya layanan finansial bagi masyarakat menjadi problem bersama. Meskipun sistem keuangan tradisional yang sudah terbentuk saat ini memiliki peran dalam membangun kekayaan bagi penduduk dunia, namun belum menyentuh masyarakat kelas menengah bawah.

Akses terhadap produk maupun layanan yang tidak terbatas kepada semua orang dapat dilakukan dengan menggunakan decentralized finance. Anda yang menginginkan banyak layanan produk keuangan yang beragam seperti tabungan hingga platform perdaganan yang rumit dapat beralih menggunakan defi. Hal ini disebabkan karena untuk menggunakan defi  hanya membutuhkan infrastruktur yang cukup minim.  

Sistem monoter decentralized finance dibangun oleh Vexanium Foundation dengan produknya Vyndao.com (crypdto lending)dan Vexrex.net.  Sistem desentralisasi itu sendiri berarti tidak ada satu single point of failure, karena record yang sama disimpan di banyak komputer/nodes melalui jaringan peer to peer. Karena sifat jaringan blockchain yang permissionless, jadi terbuka untuk siapa saja, terlepas dari berapa dana yang dimiliki, di mana mereka tinggal. Berbeda dengan bank atau perusahaan pembayaran yang bisa menutup akun dari customer yang tidak memenuhi persyaratan, karakter blockchain adalah tahan sensor.

BACA JUGA : Cara Berbisnis Tanpa Modal

Bagaimana Peluang dan Tantangan Defi





Setelah kita tahu apa itu Defi Kripto maka bagaimana peluang dan tantangannya? Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa apa itu Defi Kripto koin, Decentralized Finance (DeFi) memberi akses terhadap produk dan layanan yang tidak terbatas kepada semua orang. DeFi memiliki kemampuan mengakses keuangan tanpa perantara.sehingga dengan hal ini,DeFi memiliki potensi untuk dapat membuat produk yang jauh lebih murah dan memberikan perbedaan yang lebih besar dibandingkan sistem lain. 

Dengan peluang yang ditawarkan Defi kripto tersebut, kemudian bagaimana tantangannya? Mengingat di era yang serba canggih ini telah tersedia berbagai macam kemudahan namun belum banyak dari masyarakat yang terbuka dan mengetahuinya.

Dengan potensi yang ada dalam Defi beberapa tantangan berupa volatilitas, ketidakpastian regulasi, kegunaan serta penipuan dapat terjadi. Belum diujinya penyebaran inovasi keuangan membuat sistem ini rentan terhadap kecurangan. Agar sistem ini berhasil dan mengurangi potensi kecurangan,maka Decentralized Finance perlu menumbuhkan lingkungan berpikir sehat. Mendorong inovasi yang bertanggung jawab menjadi salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan DeFi. Sehingga dengan hal tersebut dapat menyingkirkan pelaku penipuan dan kecurangan.  

Selain itu, desentralized finance juga dibangun atas aset kripto. Aset ini terkenal sangat mudah berubah. Sehingga dengan demikian stabilitas dan adopsi keuangan dapat terhambat. Untuk mengatasi permasalah tersebut maka stablecoin muncul. Stablecoin memiliki nilai yang setara dengan USD sehinggat sifat dari aset ini stabil. 

Tehnologi blockchain yang ada dalam Desentralized Finance cenderung memiliki kinerja yang lebih lambat dibanding aplikasi yang ada di sistem finansial lain.  Desentralized Finance tentu perlu untuk mempertimbangkan kembali dan mendorong para pembaharu untuk menciptakan teknologi yang lebih baik kinerjanya. Mengoptimalkan produk tentu menjadi harapan setiap pemangku bisnis. 

Desentralized Finance meskipun memiliki banyak tantangan yang ada dengan menggunakan sistem tersebut, namun para inovator telah membuat terobosan baru dan bereksperimen dengan model bisnis ini. Sistem keuangan tradisional tidak dapat berjalan dengan menggunakan teknologi ini. 

Dengan demikian angka transaksi tidak dapat diturunkan kecuali menggunakan Sistem Desentralized Finance. Apabila Desentalized Finance berhasil menciptakan iklim keuangan baru ini, maka ia memiliki potensi baru untuk kembali pada industri yang ada. Menciptakan warna baru, inovasi dalam kewirausaan internasional beserta keuntungan lainnya. 

BACA JUGA : Cara Bisnis Untuk Pelajar Lewat Hp

Dampak Potensial Dari Decentralized Finance





Setelah mengetahui apa itu Defi kripto beserta peluang dan tantangannya, decentralized finance juga memiliki dampak potensial terhadap dunia, yakni:

1. Mempermudah layanan finansial secara global 


Dengan memiliki decentralized finance, siapapun yang memiliki smartphone dengan koneksi internet maka dapat mengakses berbagai layanan financial yang sebelumnya terkendala oleh sistem. Dengan menggunakan sistem finansial terdesentralisasi, seorang petani biasa pun akan bisa menyaingi trader hebat di perusahaan financial dunia. Masyarakat dunia memiliki akses level yang lama di belahan negara manapun.

2. Transaksi pembayaran dalam skala Internasional lebih murah dan mudah (Affordable Cross-Border Payments)


Apa itu defi kripto (Decentralized Finance) yang dibangun dengan menggunakan tekhnologi blockchain ternyata yang dapat mengurangi biaya transaksi. Teknologi ini juga dapat memperluas cakupan transaksi serta pemberdayaan transaksi peer to peer. Sistem yang saat ini ada, untuk melakukan pengiriman uang antar negara memiliki biaya rata-rata remitansi sekitar 7%. 

Sedangkan dengan melalui layanan decentralized finance, pembayaran remitansi dapat diturunkan hingga dibawah 3%. Artinya, sistem terdesentralisasi membuat pembayaran uang meliputi pengiriman uang antar negara menjadi lebih murah. Hal ini disebabkan karena sistem decentralized finance menghilangkan middlemen yang mahal. Serta membuat pengiriman uang antar negara menjadi lebih murah untuk seluruh pelosok dunia.

BACA JUGA : Cara Mengatur Keuangan Sederhana

3. Sistem Defi menawarkan privasi dan keamanan yang semakin baik untuk user


Banyak yang bertanya apa perbedaan dari apa itu defi kripto dan apa itu Desentralized Financed, Sistem sebelumnya atau centralized finance, institusi pusat menyimpan semua kekayaan nasabahnya, informasi user. Dengan demikian kita bisa menghadapi risiko gagal mengamankan data. Dengan menggunaan decentralized finance, pengguna dapat melakukan akses langsung ke akunnya. Sehingga pengguna dapat melakukan transaksi secara aman tanpa harus melakukan validasi dari bank.

4. Saat transaksi sensor dapat ditahan


Dengan menggunakan sistem yang terdesentralisasi, transaksi bersifat immutable (tidak bisa diubah) dan blockchainnya tidak bisa ditutup oleh pemerintah, bank sentral atau perusahaan besar. Untuk melindungi dana kita dari kepemerintahan yang diktator, maka user dapat memindahkan kekayaan mereka decentralized finance. Seperti misalnya di Venezuela, banyak diantara mereka kemudian lebih memilih memindahkan keuangan mereka dan mengalihkannya menjadi Bitcoin. Hal ini dilakukan guna menghindari manipulasi mata uang dan inflasi yang luar biasa tinggi. 

5. Penggunaan seistem decentralized finance yang lebih mudah 


Dengan menggunakan decentralized finance, dalam banyak kasus membuat beberapa jenis transaksi menjadi lebih mudah. Apabila dibandingkan dengan sebelumnya yang lebih rumit, kompleksitas dari sistem tersentralisasi dan layanan sejenis lainnya. 

Dampak lain dari adanya sistem decentralized system, bapak-bapak di Jawa bisa mendapatkan investasi dari bisnisnya dari user lain dari negara lain. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dalam berinfestasi dan membuka rejeki bagi siapa saja tanpa batasan wilayah. Nah ini adalah jawaban dari apa itu defi kripto

Tinggalkan komentar