Apa itu Ghostwriter? Kenali Profesi Penulis Ini - Jasa Content Writer Murah dan Penulis Artikel SEO Apa itu Ghostwriter? Kenali Profesi Penulis Ini - Jasa Content Writer Murah dan Penulis Artikel SEO

Apa itu Ghostwriter? Kenali Profesi Penulis Ini

 

Apa itu Ghostwriter
Apa itu ghostwriter 


Apa itu Ghostwriter? – Mungkin bagi sebagian orang pasti sangat awam ya dengan profesi yang satu ini. Banyak yang menyebutnya ghostwriter adalah penulis hantu, hantu yang bisa nulis, atau hantunya si penulis yang sudah wafat? Hii ngeri kali. Hehe ternyata ghostwriter bukan seperti itu kawan. Ghostwriter adalah orang yang melakukan kegiatan ghostwriting.

Apa Itu Ghostwriter , Perbedaan dengan Ghostwriting

Nah hayo masih bingung kan? Sebelum kita membahas pengertian dari ghostwriter, ada baiknya kita pahami dulu maksud dari kegiatan ghostwriting ini. Jika ditinjau secara harfiah, maka penggunaan kata menggunakan bahasa inggris murni. Disini ada dua kata yaitu ghost dan juga writing. Secara kebahasaan, ghost diartikan sebagai bayangan sedangkan kita tahu kan writing itu artinya adalah menulis. Jadi pengertian ghost di sini bukan maksudnya hantu ya kawan. Dari penjelasan tersebut kita bisa ambil sebuah kesimpulan bahwa ghostwriting adalah penulis bayangan. 

Lah bagaimana tuh penulis bayangan? Maksudnya adalah penulis yang tidak memberikan hak ciptanya atas karya yang dibuatnya. Dengan kata lain, sang penulis bayangan adalah penulis asli suatu karya tetapi karya tersebut ditujukan untuk orang lain untuk diberikan hak ciptanya. Dalam hal ini sang penulis tidak merugi karena sang pembeli akan membayar sesuai kesepakatan di awal. Baik penulis maupun pembeli sama-sama mendapatkan keuntungan. Sang penulis akan mendapatkan imbalan berupa uang dan pembeli akan mendapatkan karya serta hak cipta.Apa itu Ghostwriter

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Lah memangnya boleh begitu? Selagi kesepakatan antara si penulis dan pembeli dilakukan secara sama-sama setuju maka hal ini tidak jadi masalah. Sang penulis tidak bisa menuntut hak cipta yang sudah diserahkan pada si pembeli karena sudah ada perjanjian di awal.

Proses Terjadinya Ghostwriting 


Setelah mengetahui apa itu ghostwriter , kamu juga harus memahami sebab terjadinya ghostwriting. Sama halnya dengan pekerjaan lainnya, ghostwriting timbul karena adanya kerja sama antara sang penulis dan seseorang yang menginginkan suatu karya akan tetapi memiliki keterbatasan dalam hal kepenulisan.

Biasanya mereka adalah orang-orang yang memiliki nama besar (populer) dan berniat untuk menerbitkan karya biasanya berupa buku. Mereka akan menghubungi orang yang bisa diajak kerja sama dalam menulis. Nah, ini dia yang disebut dengan ghostwriter. Seiring berjalannya waktu, pekerjaan yang satu ini kian diminati.

Baca juga : Peluang bisnis lewat Google adsense

Bagi sang penulis yang belum memiliki keberanian untuk menerbitkan buku sendiri bisa memilih jalan ghostwriting untuk menebarkan karya mereka. Biasanya alasan sang penulis tidak mau menerbitkan buku adalah karena masalah ketenaran, jam terbang, keahlian, dan juga pasar. Sekarang bandingkan saja ada seorang influencer dengan followers jutaan dengan kamu sang penulis buku yang sudah ahli tetapi belum mau menerbitkan buku.

Pada suatu waktu antara influencer dan sang penulis menerbitkan buku, maka secara pangsa pasar akan didominasi oleh influencer padahal kita tahu bahwa influencer tersebut sama sekali tidak memiliki kemampuan menulis. Sedangkan kamu yang punya kemampuan menulis tetapi malah kurang diminati pasar.

Dalam dunia industri literasi, penjualan karya tidak hanya dilihat dari segi kualitas tulisan saja. Kita tahu bahwa kualitas tulisan nomor satu tetapi kamu harus sadar bahwa ada beberapa poin yang perlu diperhatikan. Poin tersebut adalah pasar.

Ya, bagaimana peredaran bukumu sangat ditentukan oleh perkembangan pasar. Maka dari itu sebelum kamu berniat untuk menerbitkan suatu karya, sebaiknya kamu lebarkan dulu sayap-sayap pasar dengan membangun personal branding .

Nyatanya, kamu tidak harus menerbitkan sebuah buku untuk menerbarkan karya. Kamu bisa jadi ghostwriting yang membantu menuliskan karya untuk orang lain. Ghostwriter merupakan solusi bagi kamu yang ingin fokus pada mencari penghasilan berupa uang, karena kamu sadar bahwa karya akan semakin berharga kalau ada harganya bukan?

Nah bagaimana apakah kamu paham apa itu ghostwriter? Bagi kamu yang berminat jadi ghostwriter, kamu bisa melatih skill menulis lalu menawarkan jasanya kepada pihak yang membutuhkanmu.

Nah sebaliknya bagi kamu yang ingin memakai jasa ghostwriter , kamu bisa menghubungi kami (CS Media) Agensi Kepenulisan CS Media menawarkan salah satu jasa berupa ghostwriting buku ataupun ebook. Jadi bagi kamu yang bingung mau menerbitkan buku tapi malas menulis, maka bisa hubungi kami.

Adapun beberapa karya berhasil kami bantu terbitkan dan beberapa diantaranya sudah memasuki fase penjualan terbaik atau best seller. Jadi sekali lagi bagi kamu yang ingin menerbitkan karya tapi bingung bagaimana caranya sila hubungi kami. CS Media Penulis Ghostwriter

Tinggalkan komentar