Apa itu Google Adsense? Peluang Bisnis Google Adsense - Jasa Content Writer Murah dan Penulis Artikel SEO Apa itu Google Adsense? Peluang Bisnis Google Adsense - Jasa Content Writer Murah dan Penulis Artikel SEO

Apa itu Google Adsense? Peluang Bisnis Google Adsense

 

Apa itu Google Ad sense?



Apa itu Google Adsense? Peluang Bisnis Google Adsense – Mungkin Anda pernah mendengar mengenai blogger, vlogger youtuber yang memiliki penghasilan jutaan rupiah bahkan puluhan juta per bulan karena adsense. Ini memang benar adanya. Tertarik? Anda juga bisa memiliki pendapatan jutaan hingga puluhan juta rupiah hanya dengan menggunakan adsense. Tetapi tentu ada proses pendaftaran terlebih dahulu.


Pengertian Blog


Blog atau web log merupakan sebuah platform web yang berupa tulisan-tulisan untuk diposting pada halaman web. Biasanya tulisan yang dimuat dengan urutan yang terbalik yakni, konten yang terbaru kemudian diikuti konten yang lama. Situs ini dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan tema yang dibawakan blog tersebut.


Apa itu Google Adsense?


Google adsense merupakan program iklan google yang mana menjadikan user sebagai partnernya dengan syarat memiliki blog atau website. Bila iklannya banyak diikuti oleh pengunjung website, maka user akan mendapatkan bayaran dari google. Ciri-ciri dari website atau google yang telah memasang Google adsense approve yakni terdapat tampilan iklan di sidebars atau biasanya terletak di tengah-tengah artikel. Tergantung bagaimana user mengatur letak iklannya.

Kebanyakan pemilik website saat ini menggunakan google adsense sebagai penghasilan dikarenakan pelayanannya yang cukup mudah. Komisi yang diberikan oleh adsense juga cukup besar tergantung bagaimana Anda mengelola website. Semakin baik wesbite, maka semakin banyak pengunjung yang akan mengklik iklan. Dan pundi-pundi uang akan mengalir ke dompet digital Anda.

Tentu saja hal ini tidak bisa dilewatkan. Banyak sekali orang yang mulai beramai-ramai memasang adsense. Di samping itu juga, ada melakukan transaksi peluang bisnis adsense. Ini cocok sekali bagi Anda yang tidak ingin susah payah memabangun blog dari awal. Anda tinggal membelinya blog dan domain siap daftar adsense  yang telah memiliki penghasilan melalui blog. 


Peluang Bisnis Adsense untuk Blog 


Apa itu Google Ad sense



Setelah mengetahui apa itu Google Adsense , kita hatus tahu Apa saja keuntungan dengan memasang adsense di blog? Tentu saja ada. Berikut ini akn dijelaskan mengenai keuntungan memasang blog adsense.

  1. Mendapat penghasilan tambahan

Inilah yang membuat banyak orang beramai-ramai memasang adsense di blognya tersebut. Bayaran Google yang ditawarkan ditambah dengan iklan adsense, akan memberi Anda penghasilan. Tetapi penghasilan dari adsense ini tergantung dari beberapa faktor seperti tingkat popularitas dari website  blog paling mudah dapat iklan. tersebut dan nilai iklan dari si pengiklan. Semakin kompetitif dan tepat sasaran kata kunci yang ditargetkan, maka semakin besar pula nilai untuk setiap iklannya.


  1. Iklan sesuai dengan isi konten website atau blog

Konten merupakan salah satu hal yang cukup penting dan berpengaruh terhadap website Anda. Diperlukan penataan yang baik seperti template, layout website dan isi konten yang menarik. Dengan ini, iklan yang Anda di website tidak cukup mengganggu pengunjung karena telah sesuai dengan konteks website tersebut.


  1. Bentuk iklan dapat disesuaikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya keunikan dan tampilan website sangat mempengaruhi pengunjung. Contohnya template, layout dan kemudahan untuk melakukan navigasi. Nah google adsense menawarkan iklan yang data disesuaikan dengan tema dan layout dari website Anda.


  1. Terdapat banyak referensi

Saat ini adsense merupakan salah satu program iklan yang cukup populer. Anda bahkan bisa mendapatkan banyak informasi dan referensi mengenai adsense. Jadi, apabila terjadi masalah pada layanan adsense, maka Anda bisa mencoba mencari referensi untuk penyelesaian masalah tersebut.


  1. Terdapat data statistik yang lengkap

Google adsense terbaik untuk blog juga menyediakan data statistik dan analisis lengkap pengunjung serta penghasilan dari website Anda. Fitur ini bisa Anda dapatkan di dashbord. Mulai dari fitur klik dan lain sebagainya.


Cara Mendaftar Google Adsense

Apa itu Google Ad sense



Untuk mendaftar google adsense diperlukan email dan website yang telah aktif. Ada empat tahapan yang perlu Anda lakukan diantaranya; membuat akun adsense, mengaktifkan akun adsense. Membuat iklan dan menambahkan iklan ke dalam website Anda. Ini wajib Anda ketahui Setelah mengetahui apa itu Google Adsense.


Tahap 1 – Membuat akun adsense

  • Yang pertama yang perlu dilakukan yaitu membuat akun terlebih dahulu dengan mengunjungi sign up adsense

  • Klik “daftar sekarang”, isi form registrasi disesuaikan dengan website serta email yang Anda daftarkan

  • Selanjutnya klik  “save & continue” maka akan ada verifikasi terlebih dahulu’

  • Setelah diverifikasi kemudian klik “create account”

  • Akun Anda telah selesai dibuat, namun Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.


Tahap 2 – Cara mengaktifkan akun adsense

  • Setelah proses registrasi selesai, silahkan masuk ke dashboard Google Adsense dan isi informasi yang diminta. Perlu diingat! Masukkan alamat Anda dengan benar. Karena alamat inilah yang menjadi tujuan saat Anda melakukan pencairan dana adsense.

  • Jika sudah selesai mengisi form tersebut, selanjutnya klik “submit”

  • Kemudian Anda akan diminta oleh pihak Google untuk menyalin beberapa kode yang berfungsi sebagai identitas adsense didalam website. Bila keliru, Anda tidak akan menerima iklan dan iklan tersebut tidak valid.

  • Centang pada keterangan ‘i’ve pasted the code into my site’

  • Kemudian untuk melanjutkan, klik “done”

  • Selanjutnya ialah Anda harus menunggu selama 3 hari untuk memastikan adsense telah aktifa dan berhasil.


Tahap 3 – Cara membuat iklan adsense

Apabila adsense telah menyetujui akun Anda, selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu membuat iklan kemudian memasukkannya ke website sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.


  • Terlebih dahulu yang perlu dilakukan yaitu membuat unit iklan adsense dengan cara klik tab “My Ads” maka akan menemukan menu yang berhubungan dengan konten iklan tersebut.

  • Klik opsi “add units”, letaknya berada di menu “content”. Maka akan muncul daftar iklan yang pernah dibuat disini. Anda juga bisa menggunakan iklan yang telah ada atau membuat iklan yang terbaru.

  • Setelah itu, klik “+ new ad unit”

  • Setelah iklan selesai dibuat, hal yang perlu Anda ketahui juga yaitu memilih tipe iklan. Ada beberapa tipe iklan yang ditawarkan oleh Goggle Adsense seprti Leaderboard, Responsive, Large Rectangle, Large Skycrapper dan Large Mobile Banner. Selain itu juga ada pilihan iklan seperti iklan teks dan gambar, iklan in feed, iklan berimbang dan iklan dalam artikel.

  • Anda dapat memilih satu diantaranya. Misalnya iklan responsive dengan tipe iklan teks dan gambar

  • Setelah Anda menentukan tipe iklan, selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memilih gaya teks ads. Tersedia beberapa gaya teks adsense mulai dari memilih warna border, teks, URL, latar belakang, judul dan lain-lain. Fitur ini lah yang menjadi keunggulan tersendiri untuk google adsense.

  • Setelah semua tahapan tersebut telah selsai, klik “save and get code”

  • Maka Anda akan diberikan beberapa baris kode yang nantinya akan tampil di halaman website. Salin kode tersebut kemudian tambahkan ke dalam website sesuai dengan letak yang dikehendaki.

  • Untuk ukuran dan bentuk iklan sendiri, Anda tidak lagi perlu khawatir dengan hal ini, karena iklan bisa menyesuaikan dengan ukuran yang telah tersedia di halaman web.

  • Selanjutnya klik “close”


Bila sewaktu-waktu Anda ingin menambahkan baris kode yang lain, Anda bisa mengakses menu my-ads > content > ad units.


Langkah 4 – Cara menambahkan iklan adsense pengguna website wordpress


Apakah Anda membuat website melalui wordpress? Membuat wesbite wrodpress memang dinilai lebih profesional dan resmi dibandingkan dengan blogger. Nah berikut ini langkah menambahkan iklan ke dalam website wordpress. Terdapat dua cara untuk menambahkan iklan ke dalam wesbite wordpress, yakni dengan menggunakan plugin dan secara manual dengan bantuan kode. Berikut ini 3 plugin yang perlu Anda ketahui:


  • Easy google adsense, berfungsi untuk memberi kemudahan dalam proses monetisasi website menjadi lebih sederhana. Dengan ini Anda tidak perlu menambahkan kode iklan google untuk melakukan pemasangan iklan. Yang perlu dilakukan hanyalah  menambahkan Google Adsense Publisher ID yang berada di dalam pengaturan. Dengan menggunakan plug ini maka secara otomatis iklan akan muncul di website Anda secara optimal dan tentunya akan menarik pengunjung.

  • Ad Injection, ialah plugin yang memberi Anda bantuan untuk memasukkan berbagai macam iklan ke dalam wordpress, salah satunya, Google Adsense. Di sini Anda dapat mengatur jumlah iklan yang berdasarkan dengan panjang dan siapa yang akan melihat iklan tersebut. Tetapi berdasarkan dengan umur posting, target pengunjung serta alamat IP. Iklan ini bisa disesuaikan dengan lokasi atau area widget/sidebar.

  • Ad Inseter, ialah plugin wordpress yang memiliki fungsi mengelola berbagai macam iklan. Anda bisa menggunakan plugin bila menginginkan posisi iklan yang optimal. Selain Google Adsense, Ad Inseter juga mendukung Google Ad Manager, Media.net, serta Amazon Native Shopping Ads. Plugin ini juga memiliki berbagai macam opsi seperti opt-in form, skrip header, javacript, HTML, CSS, PHP, analytics, serta pengecekan kode iklan seluruh dunia. Hebat, bukan?

Nah, bila Anda lebih suka menabahkan iklan secara manual karena tidak perlu mengistal plugin, Anda bisa  mengikuti cara berikut ini:

  1. Sebelumnya login terlebih dahulu ke dalam dashboard WordPress. Kemudian klik “Apparance”, klik “Widgets” untuk mausk ke menu widgets.

  2. Klik widget Text. Selanjutnya letakkan kode sesuai dengan keinginan. Bila Anda ingin meletakkan ikaln di bawah, Anda bisa menambahkan kode di bagian footer.

  3. Langkah selanjutnya yaitu, mengisi judul sesuai keinginan Anda. Setelah langkah-lankah diatas selesai, klik “save” untuk menyimpan perubahan tersebut. Silahkan tunggu beberapa menit untuk melihat iklan yang muncul.


Tips Untuk Diterima Adsense

Apa itu Google Ad sense




Meskipun langkah-langkah membuat akun adsense dan mendaftarkannya terbilang mudah, Anda pun sudah mengetahui apa itu Google Adsense, masih banyak yang tidak diterima Adsense. Tak jarang bila banyak orang lebih memilih untuk membeli blog adsense dibanding menjalani proses untuk mendaftarkan iklan. Ini juga menjadi kesempatan bagi para developer dan blogger jualan adsense untuk melakukan bisnis peluang bisnis adsense yang keuntungannya sudah tidak perlu ditanya lagi. Dalam satu blog ataupun wesbite bisa dibanderol puluhan juta rupiah, tapi dengan adsense aktif yang terbukti memberi penghasilan.


Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar diterima adsense:


Pastikan navigasi blog atau website jelas dan mudah untuk digunakan


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa navigasi merupakan poin terpenting agar diterima adsense. Karena navigasi berpengaruh untuk kenyamanan pengunjung website Anda. Semakin jelas dan mudah suatu website, maka akan semakin banyak pengunjung memberi kesan baik terhadap website Anda. Fungsi dari navigasi ini juga yaitu untuk memberi kemudahan bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan website Anda.

Ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan dari navigasi ini yaitu keterbacaan, penataan, dan fungsi. Misalnya, website wisata dengan penataan navigasi, beranda > tujuan > galeri > ulasan > tentang kami. Ada juga bisa menentukan navigasi sesuai dengan keinginan Anda degan syarat, pengunjung dapat dengan mudah memahami dan berinterkasi dengan website Anda. Kemudian pengunjung tersebut bisa Anda minati feedback melalui sebuah form.


Membuat konten website yang menarik, unik dan berbeda.


Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan juga yaitu, pilihan konten. Sebaik apapun tampilan website Anda, bila konten tidak orisinil, maka akan sulit mendapatkan trafik. Anda bisa membuat konten yang unik dan original sebagai syarat dari konten yang berkualitas. Apabila pengunjung menyukai konten Anda, tentunya mereka akan mendatangi website berulang kali. Atau dengan menceritakan kepada orang lain, dan biasanya akan penasaran dan akan juga akan mengunjungi website Anda. Menarik, bukan? Maka, buatlah konten seunik mungkin, untuk menarik pengunjung.


Gunakan layanan iklan Google Adsense saja


Selain Google Adsense, terdapat beberapa layanan iklan yang tersebar di internet. Tetapi, lebih baik bila Anda tidak menggunakan layanan iklan yang lain sebelum iklan Google Adsense Anda disetujui oleh Google.


Telah memiliki artikel aktif paling tidak 10-15


Salah satu hal yang juga tidak kalah penting dan perlu Anda perhatikan agar dapat diterima oleh Google Adsense langsung Approve yaitu terdapat 10-15 artikel aktif di dalam website Anda. Lalu bagaimana cara agar artikel ini dapat dikenali banyak orang? Nah, Anda bisa menggunakan konsep dasar SEO agar artikel Anda mudah dikenali. Dan tentunya, artikel juga harus original, dengan cara mengecek plagiarisme terlebih dahulu. Karena apabila artikel tersebut plagiat, maka yang akan terjadi, website Anda dibanned oleh google.


Pastikan terdapat 100 pengunjung perharinya


Poin ke lima ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Selain terdapat artikel aktif, Anda juga harus mendapatkan 100 pengunjung sehari. Oleh karena itu, untuk mengundang pengunjung tersebut, Anda harus menerapkan artikel SEO, agar artikel tersebut dapat dengan mudah dibaca google dan akan muncul di tampilan teratas.

Tetapi angka tersebut tidak bisa kita jadikan patokan, karena menurut beberapa orang lainnya, ada diantaranya yang kurang dari 100 tetapi telah disetujui oleh google.

Sebagaimana bila Anda mendaftarkan blog adsense youtube, di sana terdapat beberapa penjelasan mengenai persyaratan mendaftar adsense yakni memiliki 100 subscriber dan dintonton lebih drai 4000 jam tayang.


Setelah membaca paparan diatas, kesimpulan yang bisa diambil setelah mengetahui apa itu Google Adsense yaitu harus bersabar untuk mengelola website maupun blog agar lebih profesional, banyak pengunjung, membuat konten menarik dan menunggu disetujui Google Adsense. Tetapi, bila Anda benar-benar melakoni peran ini dengan sangat baik, maka keuntungannya akan sebanding dengan jerih payah. Jika Anda Bingung maka bisa hubungi kami CS Media

Apalagi bila melakukan bisnis peluang bisnis adsense, tentu pendapatannya juga sangat besar. Bagaimana setelah mengetahui apa itu Google Adsense? Apakah Anda tertarik tuk menjalani profesi ini? Atau hanya sekadar hobi? Maka jadikanlah hobi Anda menguntungkan! Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar