Biografi Donald Trump, Mantan Presiden AS Penuh Kontroversi - CS Media Penulis Biografi Donald Trump, Mantan Presiden AS Penuh Kontroversi - CS Media Penulis

Biografi Donald Trump, Mantan Presiden AS Penuh Kontroversi

 

Biografi Donald Trump – Mantan presiden Amerika Serikat yang satu ini memang penuh kontroversi. Bagaimana tidak? Segala kebijakan yang dikeluarkannya sering kali keluar dari koridor sebagaimana mestinya. Namun bukan berarti Donald Trump gagal mencetak prestasi bagi Amerika Serikat. Alih-alih dirinya banyak kontroversi, Donald Trump juga banyak disegani oleh banyak pihak. Nah, sangat menarik membahas tentang profil beliau. Berikut ini biografi Donald Trump, mantan presiden AS penuh kontroversi.

Banyak pihak yang mengenal seorang Donald Trump sebagai pengusaha yang sudah sukses sebeljm dirinya menjabat sebagai presiden AS. Bahkan karena suksesnya itu, Trump memiliki julukan sebagai Raja Properti di Amerika sana. Beliau semakin dikenal publik kala mengikuti pemilihan presiden di Amerika dan memenangkannya. Kemudian beliau pun menjabat sebagai presiden dari negeri Paman Sam selama satu periode meskipun dikenal dengan tokoh bangsawan yang sangat kontroversial.

Fakta menarik tentang Donald Trump adalah beliau merupakan satu-satunya presiden Amerika Serikat yang datang dari kalangan pengusaha. Bahkan dirinya juga dikenal sebagai presiden Amerika Serikat yang paling tajir. Bagaimana tidak? Perusahaannya cukup besar dan hartanya cukup melimpah ruah.

Biodata Profil Donald Trump 

Nama Lengkap : Donald John Trump 

Tempat Tanggal Lahir : New York, 14 Juni 1946

Orang tua  : Mary Ane MacLeod Trump dan Fred Trump

Istri : Melanie Trump, Marla Maples, Ivana Trump 

Anak : Ivana, Donald Trump Jr, Barron, Tiffany, Eric

Biografi Donald Trump kali ini dimulai dari informasi umum beliau, Donald John Trump atau orang memanggilnya Donald Trump merupakan putra dari Fred Trump. Ayahnya sendiri adalah ahli konstruksi dan juga marketing Real Estate yang cukup terkenal di New York. Ibunya sendiri bernama Anne MacLeod Trump. Trump, lahir pada 14 Juni 1946 di kota New York.

Masa Kecil Donald Trump 

Dari biografi selanjutnya kita akan membahas bagaimana masa kecil dari Donald Trump. Dirinya merupakan seorang pionir program televisi sekaligus wirausahawan yang sudah sangat sukses di Amerika Serikat. Trump memiliki tiga saudara yaitu satu laki-laki dan dua saudara perempuan. Kakak pertama dan tertua yang dimilikinya bernama Maryanne Trump Barry yang menjabat sebagai hakim federal.  

Trump bersekolah di The Kew Forest School yang berasa di Forest Hills Queens. Sekolah itu tetapi alami kekacauan sampai akhirnya dirinya dikirim ke Akademi Militer kota New York di usianya yang menginjak 13 tahun. Memasukkan Trump ke dunia militer ini bukan tanpa alasan. Orang tuanya menginginkan Trump bisa menjadi sosok yang tangguh. Tampaknya, harapan tersebut pun menjadi kenyataan. Dirinya berhasil menyabet penghargaan akademis sekaligus menjadi kapten tim baseball di tahun 1964.

Trump juga pernah bersekolah di Universitas Fordham selama kurang lebih dua tahun. Setelah menyelesaikannya, beliau pindah ke Wharton School di Universitas Pennsylvania. Sampai akhirnya, Trump berhasil lulus pada tahun 1068 dengan menyandang gelar barunya yaitu sarjana ekonomi dengan konsentrasi pada pelajaran keuangan. Setelah menyelesaikan kuliahnya, dia bergabung pada perusahaan real estate milik ayahnya.

Kiprah Donald Trump di Dunia Usaha


Donald Trump memulai kariernya di perusahaan yang dimiliki oleh ayahnya, The Trump Organization. Perusahaan tersebut merupakan penyewaan rumah kelas menengah. Untuk proyek pertama yang Trump tangani merupakan proyek di Cincinnati Ohio. Di sana, Trump memulai dengan melakukan renovasi kompleks apartemen di Swifton Village.

Dari sana kemudian Trump mendapatkan keuntungan sebesar 6 juta dolar. Keuntungan tersebut didapatkan setelah berhasil mengubah tarif mulai dari 66% menjadi 100%. Pada sepanjang karier beliau telah sukses melakukan perkembangan pada bisnis propertinya. Salah satunya adalah untuk Javits Convention Center yang membuat dirinya harus bersentuhan dengan pemerintahan New York. 

Pada tahun 1977 beliau menikahi perempuan bernama Ivana Zelnickova. Akan tetapi pernikahan tersebut kandas pada tahun 1922. Dari pernikahan itu kemudian dirinya memiliki tiga orang anak yaitu Donald Jr, Ivana dan Eric. Prestasinya di bidang properti ini dibuktikan pada tahun 1980. Pada saat itu, New York berusaha untuk merenovasi Central Park. Proyek ini menargetkan durasi 2,5 Tahun dan sudah memakan biaya yang sangat banyak. Akan tetapi, sampai tahun 1986 proyek  tersebut belum juga selesai.

Kemudian Trump mengajukan penawaran untuk menyelesaikan proyek tersebut. Dirinya pun berhasil menyelesaikannya hanya dan waktu enam bulan dan dana sekitar dua juta tujuh ratus dolar. Usaha yang dialami Trump juga alami jatuh bangun. Seperti yang terjadi pada tahun 1990, Trump mengalami kesulitan membayar hutang yang dimilikinya. Dirinya pun dihadapkan pada pembayaran tagihan pinjaman sebesar 1 miliar dolar untuk proyek kasino nya. Saat itulah dirinya mengalami kemunduran. Di tahun 1992, dirinya pun kesulitan untuk membayar hutangnya tersebut sampai salah satu usahanya, Trump Plaza Hotel akhirnya merencanakan paket perlindungan dari kebangkrutan yang mengancam.

Pada tahun 1992 juga Donald Trump akhirnya menikah dengan Marla Maples yang memiliki satu anak dari hasil pernikahannya tersebut bernama Tiffany. Karier di bidang properti pun sering alami kemunduran. Bahkan Donald Trump sempat kehilangan 900 juta dolar dari rekening pribadinya dan 3,5 miliar dolar dari sektor bisnis miliknya. 

Biografi Donald Trump di Dunia Politik


Trump mulai mengembangkan namanya di dunia perpolitikan. Pada tahun 2016 yang lalu, dirinya berhasil memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat yang ke 45. Dirinya pun dilantik menjadi presiden Amerika Serikat pada bulan Januari 2017. Jika dibandingkan dengan presiden lainnya, Trump merupakan presiden yang memiliki nilai kekayaan terbanyak. Saat itu, dirinya berhasil mengalahkan calon dari partai Demokrat yaitu Hillary Clinton.

Sebagaimana yang dilansir dari majalah Forbes, Trump memiliki total kekayaan mencapai 3,7 miliar dolar Amerika atau sekitar 49,3 triliun rupiah. Nah, terakhir dirinya juga mencalonkan diri sebagai presiden periode ke dua melawan Joe Biden yang akhirnya dimenangkan oleh Joe Biden. Trump pun harus mundur dari kursi perpolitikannya. Kisahnya sangat menarik dan banyak hal teladan yang bisa kita contoh. Demikian biografi Donald Trump sang mantan presiden penuh kontroversi. Semoga bisa menginspirasi!.

Baca Juga 

BIOGRAFI BJ HABIBIE 

BIOGRAFI IR SOEKARNO 

BIOGRAFI MARC ZUCKERBERG 

Disclaimer : Biografi asli mungkin saja berbeda, dikutip dari beberapa sumber

Tinggalkan komentar