Cara Menerbitkan Buku Sendiri Tanpa Ribet dan Efektif - CS Media Penulis Cara Menerbitkan Buku Sendiri Tanpa Ribet dan Efektif - CS Media Penulis

Cara Menerbitkan Buku Sendiri Tanpa Ribet dan Efektif

 

Menerbitkan buku sendiri merupakan impian setiap orang yang hobi menulis. Di era milenial ini, menerbitkan buku bukanlah persoalan yang sulit. Ada beberapa cara menerbitkan buku yaitu dengan cara menerbitkan bukku sendiri (self publishing), atau cara menerbitkan buku di gramedia.

Cara menerbitkan buku sendiri

Keduanya memiliki keuntungan masing-masing. Kamu boleh memilih salah satu cara untuk dicoba. Hal terpenting adalah tetap berusaha agar bukumu bisa terbit dan dibaca.

A.    cara menerbitkan buku sendiri (Self publishing)

cara menerbitkan buku sendiri (self publishing) menjadi alternatif utama bagi penulis yang ingin menerbitkan bukunya tanpa ribet dan menjaga eksistensinya di dunia kepenulisan. Alasannya sangat sederhana, kamu bisa menerbitkan buku tanpa campur tangan dari penerbit mayor. Kalian pun bisa mengurus sendiri proses penerbitan. Kalian hanya perlu berusaha dengan gigih agar bukumu bisa diterbitkan.

Ikuti cara menerbitkan buku sendiri!

 

1.      Siapkan Naskah terbaikmu!

Menyiapkan naskah terbaikmu merupakan hal yang terpenting dalam menerbitkan buku. Suntinglah naskahmu agar mudah dipahami dan dinikmati oleh para pembaca. Kamu, bisa melakukan penyuntingan mandiri atau meminta bantuan orang lain. Pastikan bahwa kaidah selingkungmu tepat, ya!

Naskah yang kamu tulis harus benar-benar matang agar bisa menjadi penulis buku terkenal. Selain itu, juga perlu banyak membaca cara menjadi penulis buku terkenal.

 

2.      Siapkan modal dan waktu untuk bukumu!

Waktu dan modal sangat kamu butuhkan. Kamu perlu meluangkan waktu untuk menulis agar naskah berkualitas.  Nah untuk itu, kamu perlu tahu waktu terbaik untuk menulis buku kamu ya. Bukan sekadar menulis saja, namun kamu juga perlu waktu buat menyunting bukumu sehinga manfaatkan waktu sebaik mungkin.

Setelah penyuntingan, carilah jasa designer buku agar bukumu menarik. Lalu cari daftar buku penerbit di Indonesia dan meminta nomor ISBN. Setelah terbit, promosikan bukumu secara mandiri. Menerbitkan buku sendiri artinya bahwa semua biaya yang diperlukan untuk proses penerbitan ditanggung sendiri. Untuk itu, kamu perlu melalukan budgeting sebelum proses penerbitan.

 

B.    Cara menerbitkan buku di gramedia

Gramedia tidak hanya sebagai pihak penerbit buku tapi juga sebagai tempat promosi buku yang diterbitkannya. Tak heran jika banyak penulis yang melirik penerbit yang satu ini.

Menembus penerbit Gramedia PustakaUtama (GPU) bukan hal yang mudah lho. Karena merasa mampu dalam menulis saja tak cukup membuat naskahmu lolos terbit, jadi kamu perlu belajar caramenerbitkan buku di Gramedia.


Cara mudah menerbitkan buku di Gramedia


1.      Kirimlah naskah yang rapi


Ketika menulis naskah tak jarang kamu merasa blank dan tidak tahu cara melanjutkan ceritanya. Inilah yang disebut dengan writerblock. Jika menemukan hal seperti ini, kamu harus mulai membaca cara mengatasiwriterblock. Salah satu cara termudah untuk mengatasi writerblock adalah dengan tulis apapun yang ada dipikirkan. Jangan lakukan penyuntingan sebelum selesai menulis.

 

Banyak penulis yang mengirim naskah yang berkualitas  dan memiliki daya tarik bagi pembaca. Namun, seringnya lupa tentang cara penulisan Bahasa Indonesia yang baik benar atau naskahnya belum rapi. 

Jadi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah buatlah tulisanmu rapi dan sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).



2.      Buat cerita yang unik dan menarik


Jika kamu sudah merasa naskahmu rapi dan sesuai EYD, selanjutnya editor mulai membaca naskahmu. Cerita yang kamu buat tidak perlu yang aneh. Cukup dengan bahasa yang sederhana dan enak dibaca, pasti naskah akan dipertimbangkan oleh editor.

Editor hanya akan membaca lima halaman pertamamu. Jadi, pastikan lima halaman pertamamu menarik untuk ditindaklanjuti oleh editor ya. Namun, kamu juga tidak boleh lengah di halaman selanjutnya. Ada kemungkinan bahwa tak hanya satu editor yang akan membacanya. Kadang, mereka memerlukan second opinion untu uji kelayakan naskah untuk terbit.



3.      Buatlah sinopsis yang lengkap


Membaca naskah berlembar-lembar membutuhkan waktu, memuat sinopsis merupakan cara tepat agar naskahmu dilirik oleh editor. Tetapi, sinopsis yang dibuat bukan seperti sinopsis yang ada pada halaman akhir cover buku ya. Sinopsis yang dibuat merupakan ringkasan cerita secara menyeluruh dari naskahmu.

Ceritakan semua yang ada dalam naskahmu, mulai alur, klimaks, dan unsur-unsur cerita lainya. Hal ini akan memudahkan editor untuk menguji kelayakan naskahmu.


Nah buat kamu yang gak mau ribet. Kamu bisa pesan ghostwriter di CS Media lho!. Kamu hanya sumbang ide nanti kami yang mengeksekusi. Untuk hak cipta sepenuhnya jadi milikmu. Tertarik? Klik disini 

 

Selain tips-tips tersebut, kamu juga perlu mengirimkan naskah ke editor. Pastikan bahwa identititas kamu tertera lengkap dan sampai ke redaksi penerbit. Akhirnya, kamu sekarang tahu cara menerbitkan buku di gramedia.  Semoga, naskah kamu terpilih untuk diterbitkan ya. 

Tinggalkan komentar