Elementor #892 - CS Media Penulis Cara Menulis Penutup Artikel SEO Friendly,

Cara Membuat Penutup Artikel SEO yang Baik

Jasa penulis artikel SEO

Penutup merupakan bagian penting dalam suatu artikel, mengapa begitu?

Banyak orang yang melewatkan bagian ini karena merasa bahwa penutup adalah hal yang tidak penting. Padahal, jika Anda ketahui banyak orang yang fokus pada penutup dibandingkan isi artikel. Khususnya ketika orang tersebut membaca secara memindai. Agar tidak memakan waktu lama biasanya mereka membaca bagian penutupnya saja yang isinya adalah kesimpulan. Lantas bagaimana cara membuat penutup artikel yang baik?

Membuat Penutup Artikel SEO yang Baik

Isi Dengan Kesimpulan

Jangan lupa bahwa isi sebenarnya dari penutup adalah kesimpulan. Oleh karena itu, pastikan cuplikan atau kesimpulan artikel keseluruhan bisa ditemukan di penutup. Buat ringkasan dengan kalimat yang mudah dipahami dan lugas. Kesimpulan yang ringkas akan memudahkan pembaca untuk mengetahui isi artikel tersebut.

Berapa sih seharusnya jumlah kata pada suatu penutup? Berdasarkan pengalaman yang kami lakukan, penulis CS Media Penulis membuat penutup dengan rentang 50-100 kata. Semakin sedikit semakin baik karena pembaca tidak lagi mengeluarkan waktu banyak untuk memahami artikel tersebut.

Jangan Terlalu Panjang

Menggunakan Ciri-ciri Kalimat Penutup

Tahukan Anda ternyata ada ciri-ciri khusus yang membuat artikel lebih terasa kalau itu adalah penutup. Beberapa contoh kata-kata khusus seperti :

  • Demikian,
  • Nah itu dia,
  • Sekian,
  • Baik, dll

Mungkin akan terasa klise, tetapi apabila Anda padukan dengan baik maka kata-kata tersebut tampak hidup nantinya.

Apabila Anda membahas tentang suatu kata kunci, maka wajib hukumnya meletakkan kata kunci tersebut dalam artikel. Salah satu alasannya adalah meningkatkan kualitas SEO.

Wajib Mengandung Kata kunci Artikel

Sapa Pembaca

Jangan lupa untuk menyapa pembaca agar pendekatan emosional dengan tulisan kita lebih baik. Anda bisa menggunakan sapaan-sapaan khusus yang biasa Anda ucapkan pada blog Anda. Anda juga bisa gunakan jargon khusus atau tagline tertentu. Sesuaikan kembali dengan blog yang Anda miliki, karena biasanya setiap blog memiliki branding atau ciri khasnya kasing-masing.

Nah itu dia beberapa tips bagaimana cara membuat penutup yang baik agar bisa memberikan optimasi dan keterbacaan yang baik. Jadi kesimpulannya, tips membuat penutup artikel adalah jangan terlalu panjang, sertakan keyword di penutup, menggunakan ciri khas penutup, membahas kesimpulan dan sapa pembaca. Semoga menjawab pertanyaan Anda!

Jasa penulis artikel SEO