Menganalisis Peluang Usaha Saat Pandemi Corona - CS Media Penulis Menganalisis Peluang Usaha Saat Pandemi Corona - CS Media Penulis

Menganalisis Peluang Usaha Saat Pandemi Corona

 

Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona

Tahun 2020 adalah tahun dimana kita mengalami suatu kejadian luar biasa yang belum pernah kita alami sebelumnya, ya pandemi. Pandemi telah mengubah segalanya, mulai dari sosial masyarakat, juga usaha. Karena adanya pandemi, banyak peluang usaha dan bisnis yang tutup karyawan yang di PHK serta masih banyak lagi impact yang dihasilkan dari pandemi Ini. Salah satunya yang paling berdampak adalah dunia bisnis. Lantas bagaimana cara kita menganalisis peluang usaha saat pandemi corona ini?

Menganalisis Peluang Usaha Saat Pandemi Corona

Ada banyak yang berubah saat pandemi. Kecenderungan orang untuk bertemu dan bertatap muka pun jadi terminimalisir. Akibat doktrin dari berita yang beredar, mereka pun memilih untuk menjaga jarak satu sama lain. Begitu juga dalam berbisnis. Segala bentuk peluang usaha yang memiliki interaksi jadi mati. Begitu juga dengan peluang usaha di bidang pariwisata, perhotelan dan perjalanan. Banyak orang yang memilih di rumah daripada terpapar virus. Lantas apa yang harus kita lakukan? Bisnis apa yang cocok dilakukan saat era pandemi dan new normal ini?

Menganalisis Peluang Usaha yang Mati Saat Pandemi

1. Bisnis Perhotelan


Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona


Tak ayal, bisnis jenis ini mati total. Apalagi saat fase PSBB kemarin. Banyak orang yang memilih untuk berada di rumah dibandingkan menginap di hotel. Alhasil hotel pun hanya dijadikan tempat kunjungan kerja orang-orang penting. Sementara itu orang yang sekadar menginap karena perjalanan jarang bahkan tidak kita temui. Beberapa Bisnis perhotelan pun mati, bahkan tidak jarang dari mereka yang ditutup. 

Namun apabila pandemi usai, usaha perhotelan bisa diprediksi naik lagi. Apalagi saat sudah ditemukan vaksin. Kecenderungan orang untuk berlibur dan menginap di hotel lebih tinggi. Ini karena mereka yang belum sempat liburan, membalas dendam mereka nantinya.

2. Bisnis Agen Wisata

Peluang usaha saat pandemi corona yang mati selanjutnya salah agen wisata. Saya pikir disini jelas merupakan efek dari #dirumahaja, mereka pun jarang yang memilih liburan. Untuk itu, keberadaan agen wisata sepertinya tidak dibutuhkan di era pandemi ini. Bahkan banyak agen wisata yang sempat tutup dan gulung tikar menghadapi satu tahun pandemi corona. 

Meskipun begitu, lama kelamaan bergulir semua orang juga bakal tetap membutuhkan agen wisata. Waktunya tidak cepat tapi pasti. Orang-orang akan mulai ingin berlibur dan melepaskan segala kepenatan ini. Bagi kamu yang punya bisnis agen wisata, jangan khawatir karena suatu saat bisnismu akan maju lagi. Hanya saja butuh waktu.

3. Bisnis Perjalanan


Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona



Pernah gak kamu mendengar bahwa beberapa maskapai penerbangan harus gulung tikar. Bahkan berita yang terbaru menyebutkan bahwa maskapai Gar*da Indonesia memutuskan hubungan kerja terhadap karyawannya. Kita bisa langsung mengaitkan ini dengan pandemi corona.

Peluang usaha bisnis perjalanan jadi mati imbas dari corona. Orang-orang jadi lebih malas untuk bepergian. Kalau pun mereka hendak bepergian, maka syaratnya akan sangat sulit. Mereka biasanya harus menggunakan tes PCR, Rapid dan lainnya. Ini sangat mengganggu dan tentunya membuat orang memilih menunda perjalanan mereka kalau tidak begitu penting.

4. Bisnis Olahraga 


Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona



Kebijakan pemerintah yang menutup beberapa tempat kebugaran membuat bisnis olahraga kembang kempis menghadapinya. Bahkan beberapa tempat yang tadinya ramai harus sepi bahkan tutup. Ini adalah imbas dari regulasi terkait PSBB. Penyebaran virus corona  di tempat kebugaran sangat rentan dan mudah sekali. 

Memang tidak ada salahnya pemerintah menutup akses pada bisnis olahraga guna meminimalisasi penyebaran yang lebih luas lagi. Dan setiap usaha kebugaran harus siap menerima ini. Namun percayalah, usai pandemi bisnis ini akan kembali berjaya. Apalagi banyak orang yang sudah lama tidak membugarkan tubuh mereka, pastinya incaran tempat gym dan kebugaran tubuh jadi sangat banyak.

Menganalisis Peluang Usaha Saat Pandemi yang Laku

Nah tidak afdol rasanya kalau kita cuma membahas peluang usaha saat pandemi yang tutup alias bangkrut saja. Ternyata, imbas pandemi juga sangat berdampak pada kemajuan beberapa peluang usaha ini lho! Bahkan dengan adanya pandemi omzet mereka naik drastis berkali-kali lipat

1. Layanan internet provider


Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona



Tak bisa dipungkiri, layanan internet sangat dibutuhkan di era yang serba digital dan virtual. Mereka banyak menghabiskan waktunya dalam jaringan. Untuk itu agar mudah mengaksesnya kita memerlukan layanan internet terus-menerus. 

Kartu prabayar, wi-fi dan lainnya sangat laku di era pandemi. Coba bayangkan saja sejak kebijakan yang membuat semua orang menjadi bekerja dan sekolah dari rumah. Omzet para penyedia layanan internet naik drastis. Kartu provider dan layanan wi-fi jadi menjamur dimana-mana.

BACA JUGA : Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan Untuk Pemula

2. Makanan online


Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona



Ada banyak yang bilang bahwa bisnis makanan malah mati di era pandemi. Tapi jangan salah, makanan yang berbasis online justru sangat laku. Mereka tidak lagi menyediakan makanan on the spot. Mereka hanya menyediakan order via online dan makanan siap diantar.

Itu sangat praktis mengingat saat ini orang cenderung menyukai segala sesuatu yang terkesan tidak ribet. Cukup tekan dari ponsel maka makanan yang dimaksud akan datang dengan sendirinya. Oleh karena itu, bagi kamu yang punya bisnis makanan. Cobalah mengubah metode penjualan dari offline ke online ini atau usaha kamu bakal kehilangan konsumen.

3. Pelayanan kesehatan 


Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona



Era digital membuat pelayanan kesehatan pun bertransformasi. Jika dulu ketika kita ingin memeriksakan suatu gejala harus ke dokter, maka sekarang kita hanya perlu menggunakan gadget dan berkonsultasi via daring. Tanpa sentuhan sedikitpun dokter akan menjawab segala keluhan tersebut dan merekomendasikan obat kepada kita. Ini adalah efek dari pandemi.

Saat ini pun berjamur layanan kesehatan online yang sudah sangat mudah untuk diakses oleh siapa pun. Tanpa harus menjejakkan kaki sedikit pun kita bisa sedikit menyelesaikan masalah.

4. Bisnis Bimbel 


Menganalisis peluang usaha saat pandemi corona



Efek dari pandemi corona adalah belajar dari rumah. Anak-anak yang belajar dari rumah cenderung kesulitan memahami materi pembelajaran yang diajarkan. orang tua pun kesulitan bahkan banyak mereka yang sudah lupa dengan pelajaran sekolahnya dulu. Ini adalah saatnya bagi kamu yang punya kemampuan mengajar bisa mengajar anak-anak yang butuh suntikan tambahan pelajaran. 

Maka dari itu bimbel sangat dibutuhkan di era pandemi saat ini. Apalagi Bimbel online, jelas ini sangat menghasilkan apabila kamu tahu pasarnya. Cobalah untuk membuka platform les online agar banyak anak-anak yang dirumahkan jadi tidak kesulitan menerima pelajaran.

BACA JUGA : Cara Mengatur Keuangan dan Manfaatnya

5. Usaha Pertanian

Nah ini dia yang tidak lekang oleh waktu dan virus. Usaha Pertanian akan selalu dibutuhkan seiring manusia masih hidup. Bagaimana pun juga usaha pertanian adalah usaha yang sangat strategis. Ketika ada pandemi, mereka tidak boleh tutup karena masih banyak orang yang ingin makan. Mereka pun akhirnya terus bekerja dan memang harus begitu.

Beruntunglah jika kamu punya usaha pertanian dan juga perkebunan. Bahkan Usaha pertanian kecil di rumah-rumah pun sudah sangat potensial. Menanam di kebun atau lahan sendiri bisa jadi solusi saat ini. Kamu bisa jadi petani paruh waktu di rumahmu.

Nah itu dia beberapa peluang usaha saat corona. Menganalisis peluang usaha saat corona ini ada dua hal yang bisa diuntungkan dan juga dirugikan. Semuanya tergantung dari bagaimana peluang usaha tersebut dijalankan. Bagi kamu orang yang punya bisnis semoga lancar terus!

Tinggalkan komentar