Tips Promosi untuk Freelance Pemula - CS Media Penulis Tips Promosi untuk Freelance Pemula - CS Media Penulis

Tips Promosi untuk Freelance Pemula

Kondisi pandemi covid 19 memberi dampak yang signifikan terhadap ekonomi negara. Lapangan pekerjaan semakin sedikit dan banyak karyawan yang terkena PHK. Hal ini menjadi tantangan bagi para pekerja memiliki tantangan baru untuk tetap bertahan hidup. 

Tips Promosi

Kondisi di atas menciptakan iklim baru dalam dunia kerja. Pembentukan usaha mikro semakin banyak mulai dari UMKM kecil hingga bermunculannya start up baru. Pekerja lepas (Freelance) juga mulai menjadi trend karena kondisi negara yang menganjurkan untuk Work From Home. 

Freelance menjadi salah satu alternative karir yang sedang diminati banyak orang, trend freelance mulai naik di masa pandemic. Namun, persaingan di dunia freelance menjadi tantangan yang sangat besar untuk Freelance Pemula. Persaingan sangat ketat karena dalam dunia freelance potrtofolio menjadi tolak ukur client memberi kerjaan kepada freelancer. 

Melihat kondisi persaingan yang sangat ketat, ada beberapa Tips Promosi untuk Freelance Pemula. Banyak situs freelance yang tersedia di google, namun Freelance Pemula harus bertarung lebih keras untuk persaingan dengan freelancer lainnya. Berikut tips promosi untuk memulai menjadi Freelance Pemula. 

Tips Promosi Freelance Pemula

1. Instagram

Instagram adalah media promosi yang lebih mempermudah Freelance Pemula. Selain bisa membuat portofolio pribadi, persaingan bisnis jbarang dan bisnis jasa dalam instagram masih banyak bisnis barang.  Sosial media instagram juga membuka ruang informasi yang sangat banyak bagi para Freelance Pemula. Selainn informasi terkait projek, Freelance Pemula juga dapat sekaligus belajar terkait dunia karir. Sosial media instagram memiliki banyak influencer yang mengeddukasi terkait dunia karir. Sehingga Freelance Pemula dapat terus memperbaruhi wawasan dan keahlian.

Freelance Pemula dapat menjadikan instagram sebagai album portofolio. Meng-upload hasil karya yang sesuai dengan keahlian memberikan ketertarikan tersendiri kepada calon client. Freelance Pemula dapat berkreasi dengan fitur yang di sediakan oleh instagram. Mulai dari feed, story, hingga instagram TV. 

2. Facebook

Banyaknya media sosial yang bermunculan di beberapa tahun terakhir, menjadikan trend dan popularitas facebook menurun. Kondisi ini merubah iklim facebook menjadi platform media sosila yang digunakan untuk bisnis. Mulai dari online shope hingga jual jasa. Freelance Pemula mampu memanfaatkan formula ini dengan baik. Terlebih konreksi facebook yang sudah terintegrasi dengan instagram mampu mempermudah Freelance Pemula untyk promosi. 

Gunakan fitur FB Ads untuk mulai iklan dengan jangkauan yang lebih luas. Algoritma facebook yang rapi dalam database minat audiens menjadi keunggulan facebook dalam iklan di media sosial. Freelance Pemula dapat mulai dengan jangkauan yang kecil terlebih dahulu agar mampu mengukur kemampuan pasar yang di brntuk oleh Freelance Pemula. 

3. OLX

Olx adalah salah satu aplikasi jual beli yang ada di indonesa. Selain  transaksi barang, olx juga menyediakan transaksi jasa. Sebagai  Freelance Pemula OLX menjadi ruang yang sangat mendukung. Terlihat dari minat masyarakat yang sedikit dalam menggunakan OLX, Freelance Pemula memiliki kesempatan yang lebih banyak. 

Selain tersedianya informasi projek, kalian juga dapat mengiklankan CV kalian di olx secara gratis. Meskipun secara jagkauan lebih sedikit daripada media lainnya, namun persaingan yang dibutuhkan tidak setinggi media lainnya. Kondisi ini menjadi peluang bagi Freelance Pemula yang belum memiliki portofolio yang cukup. 

Pasar olx yang lebih cenderung pada perusahaan kecil menjadikan Freelance Pemulapunya kesempatan untuk coba mengumpulkan portofolio. Hal ini dikarenakan perusahaan kecil belum memiliki standar kualitas yang tinggi sehingga memberi kesempatan yang luas untuk Freelance Pemula

Tinggalkan komentar