Trik Jitu Mengatasi Writers’s Block Saat Menulis Buku - CS Media Penulis Trik Jitu Mengatasi Writers’s Block Saat Menulis Buku - CS Media Penulis

Trik Jitu Mengatasi Writers’s Block Saat Menulis Buku

Naskahmu setengah jalan lagi selesai. Kini, kamu sedang bersemangat untuk merampungkan naskahmu. Ide-ide yang ada di pikiranmu bisa tertuangkan dengan baik. Namun, suatu ketika tiba-tiba kamu merasa blank dengan tulisanmu. Kamu bingung dengan kata-kata yang akan dituangkan dalam naskahmu. Padahal, ide-ide di kepala sudah bertumpuk. Tapi sekali lagi, kamu tak bisa menuangkannya dalam bentuk kata daan kalimat. Itulah yang disebut dengan writer’s block.

Mengatasi Writers Block

Writer’s block

Setiap penulis atau setiap orang yang ingin menulis pasti mengalami writer’s block. Writer’s blok atau keadaan buntu dalam menulis merupakan suatu ketidakmampuan penulis atau orang yang ingin menulis untuk melanjutkan atau memulai sebuah tulisan. Ketika mengalami hal tersebut, pasti akan merasa sedih, bingung, dan akhirnya membiarkan tulisan atau pekerjaannya terhenti beberapa saat. Hal tersebut dikenal sebagai hambatan psikologis dalam menyelesaikan tulisan.

Penulis atau seseorang yang sedang menulis, ketika mengalami writer’s block harus segera mencari pertolongan. Jika tidak, semangat menulisnya akan turun dan menyebabkan tidak selesainya tulisan yang dibuat. Untuk itu, penulis perlu mencari cara mengatasi writer’s block saat menulis buku.

Cara mengatasi writer’s block saat menulis buku

Mengalami writer’s block merupakan hal biasa yang pasti dialami oleh para penulis atau orang yang bekerja dibidang kepenulisan. Namun, mereka tidak lagi kaget karena mereka sudah tahu cara mengatasi writer’s block saat menulis buku dengan baik.

Tulis semua ide yang ada di pikiran

Orang dengan sifat perfeksionis pasti akan mengalami keadaan writer’s blok. Mereka akan melakukan kegiatan editing setiap kali menulis. baru menulis beberapa kalimat kemudian dibaca lagi dan diedit. Begitu seterusnya. Hal ini menyebabkan tulisan akan lebih lama selesai dan pastinya akan lebih sering mengalami writer’s block.

Solusi bagi penulis dengan sifat perfeksionis, lakukan langkah ini yaitu, tulis semua ide yang ada di pikiran. Ingat, tuangkan semua ide yang ada di pikiran menjadi kata dan kalimat. Hindari kegiatan mengedit saat itu juga. Alirkan semua ide yang muncul di pikiran tanpa jeda. Meskipun nanti akan muncul kata kalimat yang tidak padu dengan tema, biarkan saja. Hal terpenting adalah menulis dan menulis.

Buatlah outline terlebih dahulu

Suatu waktu ketika menulis, penulis terganggu dengan kegiatan orang lain di sekitarnya, atau suara berisik yang ada di lingkungan. Membuat konsentrasi terganggu. Apalagi ditambah dengan gangguan pekerjaan lainnya. Tentunya hal ini membuat penulis semakin terganggu dan mengalami writer’s block.

Dalam sistuasi seperti ini, penulis harus punya cara mengatasi writer’s block saat menulis buku. caranya, cukup dengan membuat outline terlebih dahulu sebelum menjabarkan tulisan ke dalam beberapa bab.

Membuat outline sebelum menulis akan membuatmu lebih mudah dalam menyelesaikan tulisan. Kamu akan tahu batasannya dan lebih memahami materi yang sedang ditulis.

Rutinlah dalam menuangkan gagasan pada tulisan

Menulis bukan pekerjaan yang mudah. Pekerjaan ini harus dilakukan secara terus menerus sampai tulisan tersebut selesai. Jika kamu tidak rutin menulis, nanti akan ada saat kamu tidak memiliki semangat dan motivasi untuk menyelesaikan dan pada akhirnya, tulisanmu akan terbengkalai.

Buatlah suasana tempat kerja yang nyaman

Susana kerja nyaman memang membuat mood semakin baik dalam menulis. Maka, buatlah suasana tempatmu menulis senyaman mungkin. Kamu bisa mendesain ulang ruanganmu. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi writer’s block saat menulis buku.

Lakukanlah aktivitas selain menulis

Melakukan aktivitas yang monoton akan membuatmu cepat bosan dan jenuh. Pikiranmu akan menjadi buntu dan tak bisa mencari inspirasi untuk menulis. untuk itu, lakukanlah aktivitas selain menulis.

Kamu bisa lakukan hobimu di sela-sela kesibukanmu menulis. Bahkan, sesekali manjakan dirimu dengan pergi ke tempat wisata menarik agar pikiranmu kembali segar dan siap untuk menulis lagi.

Nah bagaimana cara membagi waktunya? Baca : waktu terbaik menulis buku

Istirahatlah yang cukup

Melakukan aktivitas sehari-hari pasti membuatmu lelah. Apalagi jika sudah berjam-jam di depan laptop untuk menulis. Kamu perlu waktu untuk istirahat. Hal ini adalah salah satu cara mengatasi writer’s block saat menulis buku.

Setelah beristirahat, badan akan kembali segar dan pikiran jernih. Kamu bisa memulai kembali melanjutkan tulisan yang belum selesai.

Pada intinya, writer’s block adalah kejadian yang wajar dan pasti dialami oleh setiap orang yang menulis atau orang yang berprofesi sebagai penulis. ketika tahu bahwa diri mengalami hambatan segera mencari cara untuk mengatasi writer’s block saat menulis buku. terus semangat merampungkan buku ya. 

Tinggalkan komentar