Waktu Ampuh untuk Menulis Tulisan Jadi Keren - CS Media Penulis Waktu Ampuh untuk Menulis Tulisan Jadi Keren - CS Media Penulis

Waktu Ampuh untuk Menulis Tulisan Jadi Keren

Menulis dengan kualitas terbaik membutuhkan banyak waktu dan perjuangan. Meski sudah mengumpulkan niat,terkadang ada saja godaan yang menghampiri. Seperti mager, nggak mood nulis, sampai ngeblank mau nulis apa.

Waktu menulis buku

Kadang kamu mikir bagaimana cara agar bisa menghindari godaan tersebut. Ya, minimal mengurangi godaan yang silih berganti datang disaat semangat menyelesaikan tulisan. Maka dari itu, kamu harus tahu waktu terbaik untuk menulis buku.

Waktu terbaik menulis buku

Waktu terbaik menulis buku adalah ketika kamu menulis dan menyelesaikan tulisanmu. Beberapa penulis terkenal memilih menulis di pagi hari. beberapa lagi menulis ketika malam hari. Beberapa lainnya menggunakan keduanya. Tentunya mereka memiliki alasan pribadi dalam menentukan waktu terbaik menulis buku.

kondisi lingkungan di pribadi sangat menentukan waktu terbaik menulis buku. untuk itu, kamu perlu mengembangkan kebiasaan untuk menulis secara rutin dan teratur. Karena karya besar tak lahir dengan instan tapi melalui proses dan perjuangan yang panjang.

Waktu Pagi Hari

Penulis berhasil menerbitkan buku karena mereka berhasil menggunakan waktu dengan baik untuk berpikir dan menyelesaikan tulisannya. Jika hanya menunggu waktu yang tepat, kamu tak akan pernah bisa menyelesaikan tulisanmu. Menulis dan menulis terlebih dahulu sampai selesai kemudian, edit.

Menulis di pagi hari memiliki nilai kelebihan tersendiri. Pagi hari ketika kamu bangun dari tidur, suasana hati masih baik. Belum banyak masalah dan kegiatan berpikir yang masuk ke dalam diri kamu. Juga tentunya udara segar memuatmu santai sehingga amu bisa lebih fokus untuk menuangkan ide atau gagasanmu.

penulis terkenal menulis di pagi hari.

1.       Haruki Murakami

Haruki Murakami, penulis novel paling hebat di dunia yang telah meraih beragam penghargaan nasional maupun international. Ia mengatakan bahwa ia bangun pukul 04.00 dan menulis selama 5-6 jam.  Setelahnya, ia tak melakukan aktivitas menulis hingga ia tidur. Waktu-waktunya diisi untuk melakukan aktivitas di luar rumah seperti berenang, membaca, atau mendengarkan musik.

Ia juga menerangkan bahwa ia selalu tidur pukul 21.00.

2.       Ernest Hemingway

Seorang penulis dengan hadiah kemenangan Pulizer dan nobel sastra menyatakan bahwa ia menulis setiap pagi. Ia menjelaskan bahwa di pagi hari tidak ada yang mengganggunya ketika menulis.

3.       Dosen IAIN Raden Intan Lampung

Pada sebuah kegiatan temu riset di Mataram, seorang penulis menemui seorang dosen bernama Dr. Achlami, M.Ag. seorang guru besar  di universitas tersebut. Beliau bercerita bahwa ia bangun dan melaksanakan salat tahajud kemudian pukul 03.00 mulai menulis. beliau melanjutkan tulisannya kembali selepas salat subuh hinggal pukul setengah 6. Kegiatan tersebut rutin beliau lakukan selama satu tahun hingga membuahkan hasil disertasi.

 

Waktu Malam Hari

Waktu malam hari dipilih oleh sebagian penulis karena beberapa alasan . Pada malam hari, tidak ada godaan pekerjaan lain sehingga bisa fokus pada tulisan. Disaat semua orang terlelap kita bisa leluasa untuk menulis tanpa gangguan orang lain. Beberapa penulis memberikan opini bahwa ketika malam hari, suasana hening membuat ide-ide mudah bermunculan.

Penulis terkenal menulis di malam hari

1.       Johathan Manor

Seorang peneliti, Jonathan Manor mengungkapkan bahwa penulis baik menulis di malam hari ketika suasana hening dan tak ada gangguan serta aktivitas yang harus dikekerjakan lagi.  Selain itu menulis di malam hari tidak akan membuat penulis merasa terburu-buru  untuk menyelesaikan tulisanya.

2.       Adi W. Gunawan

Adi W Gunawan, seorang pengarang buku tentang tenologi pikiran yang memilih waktu malam hari untuk menulis. selain teknologi pikiran, buku lainnya bertemakan hipnoterapi dan pendidikan juga ia rampungkan dengan waktu malam hari untuk mrampungkannya.

Ia mengatakan bahwa buku akan menarik jika penulis mampu menyajikan tema yang dibahas dengan lengkap. Sehingga penulis harus bersungguh-sungguh menguasai topik bahasan. Jika tidak, akan tampak kekurangan di dalam tulisannya.

Baginya,waktu terbaik menulis buku yaitu di malam hari merupakan waktu yang enak untuk menulis dan merampungkan tulisannya. Baginya malam hari memiliki suasana hening sehingga ide mudah untuk keluar. Ia mengaku bahwa dalam satu hari ia mampu menulis satu bab.

3.       Toni Morrison

Novelis pemenang nobel dan penghargaan dengan karyanya yang menarik selalu menulis di saat pagi hari. Ia mengungkapkan bahwa ia selalu bangun dan membuat secangkir kopi saat masih gelap.

 

Itulah waktu terbaik menulis buku dari orang-orang terkenal di dunia kepenulisan. Jika kamu masih kesulitan untuk mencari waktu terbaik menulis buku, kamu bisa contoh orang-orang terkenal tadi. Semoga berhasil. 

Nah apabila kamu hendak membuat buku tapi tidak.mau ribet menulisnya, maka kamu bisa pesan ghostwriter buku di CS Media! Kamu cukup kirim ide kamu yang mengeksekusi

Tinggalkan komentar